Pengantar renungan pengembalaan terkait Situasi COVID-19

4 Maret 2020
Pengantar Renungan Penggembalaan bagi Jemaat GKY Kebayoran Baru terkait Situasi Waspada Virus Corona (Covid-19)
Jemaat GKY Kebayoran Baru yang dikasihi Kristus, Hari Senin, 2 Maret 2020, pemerintah telah mengumumkan adanya 2 orang WNI yang positif terkena infeksi virus Corona (Covid-19). Hal ini tentu dapat membuat kita kuatir dan takut. Melalui surat ini saya mengajak jemaat sekalian untuk tetap tenang dan semakin bersandar pada Tuhan. Firman Tuhan mengingatkan kita untuk menyerahkan segala kekuatiran kita kepada Tuhan (1 Petrus 5:7, Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu).
Puji Tuhan, inilah kekuatan kita menghadapi situasi yang tidak mudah ini, yaitu ada jaminan dari Tuhan sendiri bahwa Tuhan memelihara kita.
Firman Tuhan juga mengajarkan bahwa orang Kristen tidak bebas dari masalah hidup yang dialami oleh semua manusia, termasuk sakit karena virus. Tetapi, Firman Tuhan juga menegaskan bahwa di tengah pencobaan apapun yang kita alami, Tuhan itu setia, bahkan Ia akan memberikan jalan keluar agar kita dapat menanggungnya (1 Korintus 10:13, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”) Oleh sebab itu, marilah kita bawa persoalan yang sedang kita hadapi ini kepada Tuhan dan bersandar pada Tuhan dengan lebih sungguh-sungguh. Marilah kita kembangkan cara hidup yang sehat baik secara jasmani maupun rohani di tengah situasi ini dengan bersama:
1. Meningkatkan kesungguhan kita dalam bersandar dan bersekutu dengan Allah, dengan cara:
a. Berdoa dan membaca Firman Tuhan supaya iman kita semakin teguh dan tidak mudah digoyahkan oleh masalah yang ada.
b. Saling mendoakan antar sesama anggota jemaat. Doakan juga agar pasien yang terinfeksi virus Corona segera sembuh, agar tenaga medis yang melayani diberi kekuatan dan kesehatan, agar para peneliti dan perusahaan farmasi yang bekerja diberi hikmat untuk menemukan dan memproduksi obat untuk mengatasi virus ini, dan agar pemerintah Indonesia bersama masyarakat diberi hikmat dalam bertindak di tengah situasi ini.
2. Menjaga kesehatan dengan cara:
a. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, istirahat cukup, dan berolah raga.
b. Hindari kegiatan dan tindakan yang dapat memungkinkan terjadinya kontak dengan virus corona (Covid-19). Anda dapat mengurangi pertemuan di tempat umum, mengganti cara bersalaman dari jabat tangan menjadi salam sehat jarak jauh, mencuci tangan selesai menyentuh barang yang dipakai bersama, dll.
3. Turut bertanggung jawab menjaga kesehatan orang lain dengan cara:
a. Bila Anda baru berkunjung ke daerah epidemik virus Corona atau berhubungan dengan orang yang terinfeksi, jagalah agar Anda tidak berkontak fisik dengan orang lain dan hindari pertemuan dengan banyak orang. Dalam hal ini kami menyarankan agar Anda berdiam di rumah dan untuk sementara dapat tidak menghadiri kegiatan di gereja.
b. Bila Anda sakit dengan gejala batuk, pilek, tenggorokan kering, dan demam dengan suhu tinggi, gunakan masker saat di tempat umum. Bila diperlukan, Anda dapat beristirahat di rumah dan untuk sementara dapat tidak menghadiri kegiatan gereja. Bila Anda terpaksa tidak dapat menghadiri kegiatan gereja, kami akan menyediakan materi kotbah dalam bentuk audio atau tertulis untuk membantu Anda dapat tetap beribadah di rumah. GKY Kebayoran baru bersama dengan Sinode GKY akan terus melakukan pemantauan perkembangan situasi dari hari ke hari untuk mengantisipasi situasi waspada virus Corona. Berkaitan dengan hal itu:
1. Sesuai dengan arahan Sinode GKY, semua kegiatan rutin ibadah dan persekutuan di gereja tetap berjalan seperti biasa sampai ada perkembangan situasi yang dianggap perlu untuk meniadakan beberapa kegiatan gereja.
a. Bila ada perubahan yang menyebakan peniadaan kegiatan gereja, kami akan menginformasikannya melalui WA Chanel GKY Kebayoran Baru dan sarana informasi yang ada.
b. Bila ada di antara Anda yang secara individu merasa tidak nyaman untuk ke gereja atau bila keluarga Anda merasa tidak tenang jika Anda mengikuti kegiatan di gereja, kami dapat memakluminya.
Dalam hal ini, Anda dapat tetap di rumah untuk berdoa dan merenungkan Firman Tuhan. Kami akan menyediakan materi kotbah atas kegiatan gereja yang tidak Anda hadiri agar Anda dapat membaca dan merenungkan Firman Tuhan di rumah.
2. GKY Kebayoran Baru akan menyediakan Renungan Penggembalaan selama 10 hari (4-13 Maret 2020) untuk menguatkan iman Anda sekeluarga. Baca dan renungkan bahan tersebut bersama keluarga atau secara pribadi bila Anda jauh dari keluarga Marilah kita hadapi situasi waspada virus Corona ini bersama Tuhan. Tuhan pasti buka jalan dan menguatkan kita. Kiranya, Allah Tritunggal memberkati dan melindungi kita sekalian
Jakarta, 4 Maret 2020 Pdt. Petroes St. Soeryo Gembala GKY Kebayoran Baru Yusak B. Kurniawan Ketua Majelis GKY Kebayoran Baru
selengkapnya, 5 halaman PDF
Jadwal Ibadah dan Persekutuan
Keb. Umum I: Minggu, 07.30 Wib
Keb. Umum II: Minggu, 10.00 Wib

Pers. Doa Selasa: 10.00 Wib
Pers. Doa Rabu: 19.00 Wib
Pers. Doa Sabtu: 07.00 Wib

Sekolah Minggu: Minggu, 10.00 Wib
Komisi Remaja: Minggu, 10.00 Wib
Komisi Pemuda: Sabtu, 17.00 Wib
Komisi Wanita: Jumat, 10.00 Wib
Pers. Adelphos (Pria):
Kamis ke-4, Bulan ganjil 19.00 Wib

Pers. Kaleb (Usia Indah):
Kamis ke-1 & 3, 10.00 Wib

Pers. Pasutri (Pasangan Suami Istri):
Sabtu ke-2, 16.00 Wib
GKY Kebayoran Baru
Jl. Kebayoran Baru No. 79
Jakarta Selatan, 12120

Telp: (021) 7279-2735
Fax: (021) 7279-3017
Email: gkykb@yahoo.com
Warta: lihat warta
Silahkan Hubungi Kami
Name
Phone
Email
Subject
Message
Captcha
Website Design & Development by