Pelayanan

Hari Kesembilan, 13 Maret 2020

Renungan Penggembalaan bagi Jemaat GKY Kebayoran Baru
terkait
Situasi Waspada Virus Corona (Covid-19)

Renungan ini bertujuan untuk menguatkan iman kita di tengah situasi waspada Virus Corona (Covid-19).
1. Pergunakanlah ini sebagai renungan bersama keluarga atau renungkan secara pribadi bila Anda sedang jauh dari keluarga.
2. Berdoalah agar Tuhan menguatkan iman kita dan agar situasi ini dapat segera teratasi.

God Will Take Care of You
(Tuhan P’liharamu)
Salam dalam kasih Kristus,
Pagi ini saya mengganti album video lagu hymn yang biasa saya putar di pagi hari dengan album lagu rohani anak-anak karena pagi ini saya ditemani oleh anak saya yang berusia 6 tahun yang sedang libur sekolah. Menariknya, salah satu lagu yang dinyanyikan dalam album ini adalah lagu hymne yang biasa dinyanyikan oleh orang dewasa, lagu itu berjudul “Tuhan Menjagamu” (God Will Take Care of You, karangan Civilla D Martin, tahun 1904). Dari mulut anak-anak yang menyanyi di video tersebut, keluar kata-kata sederhana yang melegakan :
Apapun juga menimpamu, Tuhan menjagamu
Dipeliharanya hidupmu, Tuhan menjagamu
Tuhan menjagamu, saat tenang atau tegang
Dia menjagamu, seumur hidupumu
Walaupun lagu itu diubah dengan irama gembira agar sesuai dengan jiwa anak-anak yang menyanyikannya, kata-katanya tetap menenangkan hati.
Kisah tentang lagu ini ternyata berhubungan dengan iman seorang anak. Pada suatu hari Minggu di tahun 1904, Walter S. Martin bersiap ke gereja untuk berkotbah kebetulan lokasi gereja jauh dari tempat tinggal mereka. Namun, isterinya yang bernama Civilla sakit. Walter ragu dan berencana untuk membatalkan kepergiannya ke gereja agar dapat menjaga dan merawat isterinya. Pada Walter ragu, tiba-tiba putra mereka yang baru berusia 9 tahun bertanya, “"Don't you think God will take care of her?" ("Tidakkah kamu pikir Tuhan akan merawatnya?"). Pertanyaan sederhana dari seorang anak kecil ini seketika menyadarkan Walter dan Civilla tentang pemeliharaan Allah yang besar. Saat pulang dari gereja, Walter mendapati isterinya lebih sehat, bahkan selama dia di gereja, isterinya menulis sebuah puisi yang berjudul “God Will Take Care of You” (Tuhan Menjagamu). Sore itu juga Walter membuatkan sebuah lagu dari puisi itu, dan jadilah sebuah hymne abadi yang menguatkan kita sampai hari ini.
“Tuhan P’liharamu” (KPPK 422)
1. Jangan takut kesusahan, Tuhan p'liharamu,
aman di bawah sayap-Nya, Tuhan p'liharamu.
Reff
Tuhan p'liharamu, tiap waktu, s'panjang hidup,
Tuhan p'liharamu, Tuhan p'liharamu.
2. Saat susah dan kecewa, Tuhan p'liharamu,
bahaya datang menimpa, Tuhan p'liharamu.
3. Anugerah-Nya melimpah, Tuhan p'liharamu,
segalanya yang kauperlu, Tuhan p'liharamu.

Apakah Anda sedang kuatir dan ragu atas pemeliharaan Tuhan di tengah situasi seperti ini? Apakah Anda sedang mengkuatirkan keluarga Anda di tempat jauh yang sedang kesulitan akibat Covid-19? Pertanyaan anak umur 9 tahun itu terngiang lagi bagi kita hari ini ”Tidakkah Allah sanggup memelihara?
Dalam Mazmur 23, Firman Tuhan menggambarkan Tuhan sebagai Sang Gembala yang memelihara domba-dombanya. Pemeliharaan itu, pertama, digambarkan dengan kecukupan, kesejahteraan, dan ketenangan
. . . takkan kekurangan aku. . . Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar . . .”
Namun pemazmur juga menjelaskan bahwa kehidupan domba tidak selamanya tanpa kesulitan. Di tengah kesulitan itu, Sang Gembala tetap memilihara dan menjaga
. . .Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Bahkan, pada puncaknya, Sang Gembala memeberikan kemenangan
. . . Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa

Keseluruhan isi dari Mazmur 23 ini mengingatkan kita, bahwa Tuhan pasti memelihara kita. Mari terus bersandar dan berdoa kepada Tuhan di tengah situasi apapun.
Jakarta, 13 Maret 2020
Pdt. Petroes St. Soeryo
Gembala GKY Kebayoran Baru
Jadwal Ibadah dan Persekutuan
Keb. Umum I: Minggu, 07.30 Wib
Keb. Umum II: Minggu, 10.00 Wib

Pers. Doa Selasa: 10.00 Wib
Pers. Doa Rabu: 19.00 Wib
Pers. Doa Sabtu: 07.00 Wib

Sekolah Minggu: Minggu, 10.00 Wib
Komisi Remaja: Minggu, 10.00 Wib
Komisi Pemuda: Sabtu, 17.00 Wib
Komisi Wanita: Jumat, 10.00 Wib
Pers. Adelphos (Pria):
Kamis ke-4, Bulan ganjil 19.00 Wib

Pers. Kaleb (Usia Indah):
Kamis ke-1 & 3, 10.00 Wib

Pers. Pasutri (Pasangan Suami Istri):
Sabtu ke-2, 16.00 Wib
GKY Kebayoran Baru
Jl. Kebayoran Baru No. 79
Jakarta Selatan, 12120

Telp: (021) 7279-2735
Fax: (021) 7279-3017
Email: gkykb@yahoo.com
Warta: lihat warta
Silahkan Hubungi Kami
Name
Phone
Email
Subject
Message
Captcha
Website Design & Development by